Walaupun kamu bukan penikmat kopi tapi kamu perlu tahu cara bikin kopi yang nyaman.

Pernahkan jadi pelayan yaitu disuruh bikinin kopi untuk tamu di rumah. Apalagi yang jadi tamunya adalah bapak-bapak yang udah menahun jadi penikmat kopi. Pastinya beliau tau cara membedakan kopi yang menurutnya enak atau nyaman.

Apalagi beliau itu adalah calon mertua, bisa jadi ini point pertimbangan persetujuan kamu sama anaknya. Pasti kamu gak maukan jadi bimbang cuma karna kopinya gak sesuai sama lidah calon mertua. Ngahaha

Hal ini tentunya sangat penting agar kita dapat memberikan keramahan pada tamu.

yang kita bahas disini adalah kopi hitam bukan jenis kopi dengan variasi racikan ala barista. Seperti expreso, coffee late, Mocca dan lain-lainnya.

Berikut cara pembuatanya.

Airnya Benar-Benar Panas
Pada dasarnya kenikmatan kopi memang terletaka pada air yang benar-benar panas. Agar bubuk kopinya dapat larut dengan sempurna.

Gula untuk penambah rasa
Biasanya, Ukuran gula jangan terlalu banyak dan jangan terlalu dikit. Pada dasarnya orang-orang diluar sana minum kopi memang tanpa gula. Tapi untuk coba-coba belajar minum kopi tanpa gula jangan coba-coba dirumah.

Itu baru teorinya sedangkan prakteknya :

masukan kopi kedalam gelas setelah itu masukan air panasnya lalu aduk. Hingga bubuk kopi dapat terlarut setalah itu baru masukkan gula. lalu aduk.

Kopi dan gula sengaja dipisahkan karena jika disatukan gula menyerap panasnya air sehingga bubuk kopi tidak larut semua dalam air panas tersebut.

Jika dibandingkan dengan kopi dan gula yang langsung dicampur maka bubuk kopi akan timbul kepermukaan air. Jadi kopi agak sedikit lama untuk dinikmati.

Hati-hati dengan penambahan gula jika gulanya terlalu sedikit alhasil (kadang) kopinya jadi asam.

Sekian.

Kopi itam




1 comment:

Satu hal yang anda sering dilupakan "komentar"