Showing posts with label tips. Show all posts
Showing posts with label tips. Show all posts

Pengalaman Ikut CPNS 2018

Waktu itu saya sangat yakin kalau saya lulus ujian.

Selayaknya ujian, kesiapan dan konstrasi sangat diperlukan untuk menghadapinya.

Apa yang terjadi, ditengah ujian tangan saya kaku. Saya mulai cemas ketika cewek disamping saya yang baru saja saya kenal sudah mengerjakan 80 soal  sedangkan saya baru 30 soal.

Saya mulai panik. Setelah mulai menyelesaikan soal-soal dari Tes Wawasan Kenegaraan (TWK). Saya mulai gelisah liat soal Tes Intelegensi Umum (TIU) dikarenakan amat sangat beda dengan point-point soal yang telah saya pelajari. Seketika saya langsung ambil tindakan untuk mengerjakan Tes Karakter Pribadi (TKP). Saya mulai langkau soal-soal TIU dan langsung menuju nomor 70 (kalau gak salah sih ini). Di tes ini yaitu TKP saya juga banyak menghabiskan waktu. Ya karna akibat panjangnya pertanyaan dan pilihan jawaban yang bervariasi. Jadi lumayan menghabiskan waktu untuk menjawab dengan bijak dari pilihan jawaban yang hampir semuanya memenuhi kriteria pertanyaan. Pada akhirnya pun jawaban yang paling panjang yang saya pilih :).

Hingga waktu habis. Setelah selesai semua soal. Langsung dalam aplikasi CAT menentukan apakah saya lulus atau tidak lulusnya passing grade yang sudah ditentukan pemerintah. Saya tidak LULUS.

Nilah yang kurang dari ujian tersebut juga langsung dapat diketahui oleh peserta. Saya tidak lulus di Tes Integensi Umum. Lah menunjukkan saya emang kurang dalam bidang hitung-hitungan. Lalu pulang. Selesai.

Begitulah pengalaman pertama ikut Tes CPNS dengan menggunakan Computer Asissted Test. Namun yang dapat saya ambil hikmahnya.

Persiapan itu penting
Persiapan bukan hanya tentang materi yang kita kuasai namun juga persiapan fisik dan mental. Waktu itu saya emang gak tidur sampai pagi sedangkan ujianya dimulai sekitar jam 9 pagi. Jadi lumayan lama nunggu di depan.

Jangan Menoleh
Saya belum tau ya gimana caranya bisa atau tidaknya contek di tes CPNS tapi dengan waktu ujian 90 menit dan 100 soal sangat sedikit waktu untuk bisa tanya-tanya kesebelah untuk mendapatkan jawabanya. Nah untuk yang kerjakan sendiri yang jangan melirik kanan kiri kerjakan saja. Intinya fokus.

Jangan Lupa berdoa sebelum Ujian.
Ini ya persiapan paling penting. Karna saya tidak lulus tes cpns tahun 2018 kemarin ya saya menerima saja.

XOXOXOXO

Yang Bikin Susah Tidur

Hoamm!!!!

Jaman sekarang diperlukan pola hidup baik untuk menjaga badan tetap bugar. Salah satu caranya yaitu istirahat yang cukup alias tidur lebih awal untuk menemui pagi yang indah :) Kebanyakan kita terutama saya bahkan sulit tidur lebih awal. Akibatnya bangunpun kesiangan dan bahkan sampai telat berangkat kerja. Sungguh merugikan bukan?

Kira-kira kalian tau apa yang bikin kita susah banget tidur bahkan sampai insomnia??

Ya gadget adalah jawabannya. Kenapa Gedget? Why Gadget? gadget gak salah apa2kan. Bahkan Gadget gak nyuruh kita untuk mainkan dia. Iya iya bukan gedget. Tapi isi dalamnya. Ya isi dalamnya  aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet yaitu media sosial. Sebutlah media sosial yang sangat diminati jaman sekarang yang isinya simple hanya ada gambar dan video dengan bingkai deskripsi dibawahnya. Kalian semua sudah pasti tahukaan? Instagram.

Oke. Jawabanya sekarang kita ubah yang bikin kita insomnia atau susah tidur yaitu media sosial. Mengapa media sosial bikin kita sulit tidur. Saya baca dari sumber2 di internet kalau radiasi sinar biru dapat menyebabkan hormon melatonin gagal diproduksi. Karna sebelum tidur hormon melatonin akan diproduksi otak sebelum tidur.

Apa itu melatonin?

Hahaha

Saya juga mangguk mangguk aja pas baca artikel itu di internet.

Tapi ada yang menjelaskan secara sederhana. Sinar yang terpaparkan sewaktu malam atau ketika beranjak tidur menimbulkan efek yang seolah-olah otak beranggapan bahwa kondisi kita masih segar.

Masih segar seperti sinar matahari pagi. Makanya ketika melihat hape sewaktu malam bikin kita sulit tidur lebih awal bahkan menimbulkan insomnia.

Oke itu sedikit penjelasan artikel yang ada diinternet.

Pengalman pribadi saya.ketika berselancar di media sosial membuat saya tidak bisa tidur. Karena saya sedang main hape bukan bukan sedang tidur. hehe.

Menurut saya mengapa saya betah harus memandang layar hape di malam hari dikarenakan konten yang saya temui itu masih baru alias masih aneh dipikiran saya dan bikin saya penasaran. Belum lagi emosialan yang tak terduga-duga yang saya dapati seperti tertawa, kaget, bahkan sampai meneteskan air mata. Hehe

Dengan mendapati konten-konten yang baru buat mata saya jadi segar hingga tidak sadar kalau lah jam sudah menujukkan jam 3 pagi.


Tipsnya.

Satu. Letakkan gadget jauh-jauh.

Dua. Padamkan Lampu Kamar.

Tiga. Pejamkan mata.